Situs Web Resmi MTs PSM Tanen

Teknik Mendesain Adapatasi Kurikulum Al-Quran Hadits MTs Pada Masa Pandemi

Teknik Mendesain Adapatasi Kurikulum Al-Quran Hadits MTs Pada Masa Pandemi
Teknik Mendesain Adapatasi Kurikulum Al-Qur'an Hadits MTs Pada Masa Pandemi

Teknik Mendesain Adapatasi Kurikulum Al-Qur'an Hadits MTs Pada Masa Pandemi - Kurikulum PAI dan Bahasa Arab dikembangkan atas dasar kebutuhan akan perubahan rancangan dan proses pendidikan dalam rangka memenuhi dinamika kehidupan keberagamaan, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. PAI dan Bahasa Arab di madrasah dirancang untuk mendukung terwujudnya madrasah sebagai agent of change (agen perubahan) dan social reconstruction (rekonstruksi sosial) untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki sikap moderasi keberagamaan dan berkontribusi secara optimal dalam upaya membangun knowledge-basedsociety (masyarakat berbasis pengetahuan) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. PAI dan Bahasa Arab diharapkan tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai pribadi yang tekun beribadah akan tetapi juga memiliki kepekaan sosial serta berkontribusi membangun masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.

Teknik Mendesain Adapatasi Kurikulum Al-Qur'an Hadits MTs Pada Masa Pandemi

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan perwujudan konsepsi pendidikan yang bersumbu pada perkembangan peserta didik beserta konteks kehidupannya sebagaimana dimaknai dalam konsepsi pedagogik transformatif. Konsepsi ini menuntut bahwa kurikulum hams didudukkan sebagai wahana pendewasaan peserta didik sesuai dengan perkembangan psikologisnya dan mendapatkan perlakuan pedagogis sesuai dengan konteks lingkungan dan zamannya.Penataan kembali distribusi materi yang tumpang tindi antar jenjang dan antar kelas termasuk perumusan level kompetensi yang ditingkatkan untuk membekali peserta berfikir kritis dan inovatif salam penataan kesinambungan dan keselarasan perumusan antara KD1 sikap spiritual, KD 2 sikap sosial, KD 3 pengetahuan dan KD 4 keterampilan serta penguatan mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada aspek sikap dan keterampilan beragama dibanding pengetahuan atau kognitif.




Penguatan mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk menghasilkan keyakinan dan penghargaan siswa dalam membuktikan bahwa Islam agama yang sangat relevan dengan kemajuan kehidupan zaman.
Penguatan mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab sebagai pengantar siswa menjadi warga Indonesia yang hidup dalam keberagaman.
Perubahan pada materi Bahasa Arab terutama penyempurnaan dalam penyajian dan metode pendekatan yang digunakan sehingga lebih menekankan pada pendekatan fungsional dari pada struktural.
File lengkap Teknik Mendesain Adapatasi Kurikulum Al-Qur'an Hadits MTs Pada Masa Pandemi bisa

------------------------ DOWNLOAD DISINI ----------------------